top of page

Pentingnya Sebuah Kemasan Produk


Kesan pertama tentunya sangatlah penting dalam menarik perhatian konusmen terhadap produk yang kita miliki. Dengan demikian, kemasan produk merupakan faktor yang tidak boleh diabaikan oleh produsen. Pentingnya kemasan produk memiliki banyak segi dan dapat membantu dalam mengamankan kesan pertama yang baik dan loyalitas merek. Jadi, seberapa penting, sih sebenarnya sebuah kemasan produk?


Melindungi produk

Pada tingkat paling dasar, kemasan produk berfungsi untuk melindungi produk di dalamnya. Pengemasan harus dapat menjaga produk atau formula agar tetap aman selama pengiriman antara fasilitas manufaktur dan pengecer serta harus mencegah kerusakan saat produk berada di rak pajang. Oleh karena itu, kemasan produk harus kokoh dan dapat diandalkan. Banyak perusahaan mengemas produk mereka dengan segel dan kunci yang mencegah gangguan dan selanjutnya memastikan keamanan dan integritas produk. Konsumen mengharapkan produk mereka berfungsi persis seperti yang diinginkan—kemasan produk yang aman dan dapat diandalkan adalah cara terbaik untuk memastikan hal itu.


Menampilkan dan mempromosikan produk

Aspek fungsional lain dari kemasan produk adalah bagaimana mempromosikan dan menampilkan produk di dalamnya. Banyak produk, khususnya produk makanan, mencantumkan deskripsi bahan dan informasi nutrisi pada kemasannya. Kemasan produk lain mungkin menampilkan petunjuk yang menjelaskan cara menyiapkan dan menggunakan produk. Menampilkan informasi penting mengenai produk membantu mengelola harapan konsumen dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Semakin baik pembeli memahami apa yang mereka beli, semakin besar kemungkinan mereka akan senang dengan pembelian tersebut. Namun, kemasan produk lain mengabaikan instruksi yang bertele-tele dan membiarkan produk berbicara sendiri. Memanfaatkan kemasan kotak jendela atau kotak plastik bening, pelanggan dapat melihat produk dengan benar secara real-time. Banyak yang lebih suka ini daripada mengandalkan diagram yang digambar dan penjelasan tertulis. Mampu melihat produk dengan benar untuk diri mereka sendiri dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan kemungkinan pembelian.


Menarik pembeli

Ketika mempertimbangkan pentingnya kemasan produk, sangat penting untuk mempertimbangkan keinginan dan kebutuhan konsumen. Tujuan utama menciptakan produk apa pun, bagaimanapun, adalah untuk menarik pelanggan dan mendorong mereka untuk membeli produk Anda. Karena kesan pertama sangat penting dalam proses pembelian, kemasan produk yang dirancang dengan baik dapat membawa produk Anda ke tangan pembeli. Memilih gaya dan warna yang akan menarik konsumen dan mendorong mereka untuk memilih produk Anda sangat penting, seperti halnya memilih bahan kemasan berkualitas tinggi. Kemasan produk merupakan cerminan dari produk di dalam dan merek secara keseluruhan. Oleh karena itu, ketika merancang kemasan produk, banyak merek melakukan penelitian ekstensif terhadap keinginan dan kebutuhan konsumen untuk memastikan kemasan mereka menarik dan memikat.


Membedakan produk dari pesaing

Saat berjalan melalui lorong toko dengan cepat menjadi jelas bahwa tidak ada kekurangan produk baru dan menarik di pasar. Banyak pengecer sering mengelompokkan produk serupa di rak, sehingga kebutuhan untuk memisahkan produk Anda dari pesaing sangat penting. Kemasan produk yang dibuat dengan baik dan menarik adalah cara yang bagus untuk melakukan hal itu. Meskipun ukuran dan bentuk kemasan mungkin mirip dengan pesaing, desainnya harus berbeda. Warna, font, dan gaya yang Anda pilih untuk kemasan Anda dapat dengan mudah membantu membedakan produk Anda dari perusahaan lain. Desain inovatif seperti kotak plastik bening akan menarik perhatian konsumen dan membantu menonjolkan produk Anda di atas yang lain.




Source: 2022 Printex Transparent Packaging



66 views0 comments

Kommentare


bottom of page